Abbreviated Conner's Teacher Rating Scale (ACTRS)

Image by jcomp on Freepik

    

 Skala ini dikembangkan oleh C. Keith Conners, Ph. D. Validitas dan reabilitas dalam bahasa Indonesia dilakukan oleh Dr. Sasanti Yuniar pada tahun 1989 agar dapat secara luas digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk skrining ADHD.

Petunjuk pengisian:

    Di bawah ini terdapat butir-butir masalah perilaku pada anak. Silahkan mengisi tiap butir sesuai dengan perilaku anak/murid dalam 6 bulan terakhir. Pada setiap butir, tanyakan pada diri anda "Seberapa sering masalah ini terjadi dalam 6 bulan terakhir?", kemudian berikan tanda (x) pada salah satu kolom yang paling sesuai.



Tidak sama sekali / sangat jarang
(1)
Sekali-sekali
(2)
Cukup sering
(3)
Hampir selalu / selalu
(4)
1.Tidak kenal lelah atau aktifitas yang berlebihan



2.Mudah menjadi gembira, impulsif



3.Mengganggu anak-anak lain



4.Gagal menyelesaikan kegiatan yang telah dimulainya, selang waktu perhatiannya pendek



5.Menggerak-gerakkan anggota badan atau kepala secara terus menerus



6.Perhatiannya kurang, mudah teralihkan



7.Permintaannya harus segera dipenuhi, mudah menjadi frustasi



8.Sering dan mudah menangis



9.Suasana hatinya berubah dengan cepat dan drastis



10.Ledakan kekesalan, tingkah laku eksplosif dan tak terduga



    Penilaian ACTRS:

  • Jawaban setiap butir pertanyaan diberi nilai 0-3
  • Nilai 0 = jawaban pada kolom 1 (Tidak sama sekali / sangat jarang)
  • Nilai 1 = jawaban pada kolom 2 (Sekali-sekali)
  • Nilai 2 = jawaban pada kolom 3 (Cukup sering)
  • Nilai 3 = jawaban pada kolom 4 (Hampir selalu / selalu)

    Cut-off score:

    Skor 12 atau lebih mencurigakan adanya ADHD. Sebaiknya anak tersebut dikonsulkan / dirujuk untuk pemastian diagnosis.
 

Comments