Skala ini dikembangkan oleh Dr. dr. Dwidjo Saputro, Sp.KJ di Indonesia
pada tahun 2004. SPPAHI dapat digunakan sebagai alternatif instrumen
deteksi dini di samping skala yang lain.
Petunjuk pengisian:
Di bawah ini terdapat butir-butir masalah perilaku pada anak. Silahkan mengisi tiap butir sesuai dengan perilaku anak/murid dalam 6 bulan terakhir. Pada tiap butir, tanyakan pada diri anda "Seberapa sering masalah ini terjadi dalam 6 bulan terakhir?", kemudian beri tanda (x) pada salah satu kolom yang paling sesuai dengan perilaku anak/murid.
|
| Tidak sama sekali / sangat jarang (1) | Kadang-kadang (2) | Sering (3) | Sangat sering / selalu (4) |
---|
1. | Sering sulit mempertahankan perhatian pada waktu melaksanakan tugas atau kegiatan bermain |
|
|
|
|
2. | Sering berlari-lari atau memanjat secara berlebihan pada situasi yang tidak sesuai untuk hal tersebut |
|
|
|
|
3. | Gagal menyelesaikan sesuatu yang telah dimulai |
|
|
|
|
4. | Gagal memberi perhatian kepada hal-hal kecil atau ceroboh dalam menyelesaikan tugas sekolah |
|
|
|
|
5. | Sering seolah-olah tidak memperhatikan orang pada waktu diajak berbicara |
|
|
|
|
6. | Sering lambat dalam menyelesaikan tugas di sekolah (mencatat, menyalin, mengerjakan soal) |
|
|
|
|
7. | Kemampuan sosialisasi buruk |
|
|
|
|
8. | Sering lupa tentang segala sesuatu yang telah dipelajari |
|
|
|
|
9. | Menghindari, enggan atau mengalami kesulitan melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan ketekunan yang berkesinambungan |
|
|
|
|
10. | Membutuhkan bimbingan penuh untuk dapat menyelesaikan tugas |
|
|
|
|
11. | Mengalami kesulitan bermain atau melaksanakan kegiatan dengan tenang di waktu senggang |
|
|
|
|
12. | Mudah terangsang dan impulsif (bertindak tanpa berpikir) |
|
|
|
|
13. | Sering melontarkan jawaban secara terburu-buru terhadap pertanyaan yang belum selesai ditanyakan |
|
|
|
|
14. | Meninggalkan tempat duduk di kelas atau situasi lain di mana diharapkan untuk tetap duduk diam |
|
|
|
|
15. | Mengalami kesulitan untuk mengantri atau menunggu giliran dalam bermain atau situasi kelompok |
|
|
|
|
16. | Sering perhatiannya mudah terpecah atau terbagi |
|
|
|
|
17. | Mudah tersinggung oleh orang lain |
|
|
|
|
18. | Tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa bantuan orang lain |
|
|
|
|
19. | Tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan waktunya |
|
|
|
|
20. | Tidak dapat mengikuti perintah secara berurutan
|
|
|
|
|
21. | Perhatiannya mudah beralih ketika diberi petunjuk untuk mengerjakan sesuatu |
|
|
|
|
22. | Perhatiannya sering mudah dialihkan oleh rangsangan dari luar |
|
|
|
|
23. | Sering ceroboh atau tidak teliti dalam menyelesaikan tugas |
|
|
|
|
24. | Tidak pernah bisa diam, tidak mengenal lelah |
|
|
|
|
25. | Sering menghilangkan benda-benda yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas |
|
|
|
|
26. | Sering seperti tidak mendengarkan pada waktu diajak berbicara secara langsung |
|
|
|
|
27. | Sering gagal dalam menyelesaikan tugas |
|
|
|
|
28. | Selalu dalam keadaan "siap gerak" atau aktifitasnya seperti digerakkan oleh mesin |
|
|
|
|
29. | Sulit dikendalikan pada saat berada di Mall atau sedang berbelanja |
|
|
|
|
30. | Sering menyela atau memaksakan diri terhadap orang lain (misalnya memotong, menyela percakapan atau mengganggu permainan) |
|
|
|
|
31. | Sering usil, mengganggu anak lain di dalam kelas |
|
|
|
|
32. | Terlalu aktif atau aktifitas berlebihan |
|
|
|
|
33. | Tidak mampu mengikuti petunjuk dan gagal menyelesaikan tugas sekolah (tidak disebabkan oleh tingkah laku/sikap menentang atau kegagalan untuk memahami petunjuk) |
|
|
|
|
34. | Tidak bisa duduk diam (kaki dan tangannya tidak bisa diam atau selalu bergerak) |
|
|
|
|
35. | Sering "bengong", pada waktu melaksanakan tugas |
|
|
|
|
Penilaian SPPAHI:
- Jawaban setiap butir diberi nilai 0-3
- Nilai 0 = jawaban pada kolom 1 (Tidak sama sekali / sangat jarang)
- Nilai 1 = jawaban pada kolom 2 (Kadang-kadang)
- Nilai 2 = jawaban pada kolom 3 (Sering)
- Nilai 3 = jawaban pada kolom 4 (Selalu / sangat sering)
Cut-off Score:
- Bila yang menilai orang tua >30
- Bila yang menilai guru >29
- Bila yang menilai dokter >22
Anak dengan skor SPPAHI lebih besar dari cut-off score dinyatakan berisiko tinggi mengalami ADHD. Anak yang berisiko tinggi dianjurkan untuk segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai dengan prosedur pemeriksaan anak dengan ADHD
Comments
Post a Comment